Rabu, 18 Februari 2009

jenis kayu untuk gitar

JENIS KAYU PADA GITAR

Kita tentunya ingin mengetahui apa sih sebenarnya kayu yang dipakai pada gitar-gitar baik akustik maupun elektrik. Kadang kita juga bingung waktu membaca spek detail suatu gitar tertera jenis kayu-kayu yang digunakan untuk masing-masing bagian gitar yang berbeda-beda semisal neck maple, body mahogany, fingerboard rosewood, dll. Jenis kayu yang berbeda tentu saja memberikan perbedaan karakteristik pada gitar. Nah, supaya lebih jelas sebelum kita beli gitar ada baiknya kita tahu jenis kayunya berikut yang biasa digunakan pada gitar:

Mahogany
http://eezeewood.com/images/mahogany_wood.jpg

Kayu ini memiliki karakteristik yang begitu kaya, warm sound, dan tonal maksimal. Sustain-nya pun paling baik diantara kayu lain. Karena keunggulan-kaunggulannya, kayu ini banyak dipakai pada gitar-gitar kelas atas. Gitar akustik maupun elektrik banyak yang memakai kayu. Gitar akustik banyak memakai kaytu ini karena karakteristik jernih kayu mahogany ini.




Spruce
http://www.dbsportandscale.com/Bits-wood-spruce.jpg

Sering disebut whitewood. Kayu ini biasanya hanya digunakan pada gitar akustik sebagai body depan (top body). Hal ini karena kayu spruce ini memberikan resonansi suara yang baik pada tipe body berongga semacam gitar akustik sehingga gitar-gitar akustik papan atas banyak yang menggunakan kayu ini. Violin dan mandolin kadang juga memakai kayu ini.

Maple

http://tbn1.google.com/images?q=tbn:bf196Z2oO2G33M:http://www.novausawood.com/images/products/brand/Samling/MapleNaturalSwatch.jpg

Kayu ini memiliki banyak varian, mulai dari flame maple, curly, rock, dan lainnya. Responsnya pun cukup dahsyat dan kuat sehingga banyak dipakai untuk gitar kelas mid dan high. Kayu ini lebih keras dan lebih bright dari pada mahogany sehingga seringkali digunakan sebagai neck pada gitar karena sifatnya yang kuat sehingga jika digunakan pada neck akan lebih kuat dan stabil. Kayu ini juga sering digunakan untuk kebutuhan drum.

Ada beberapa jenis kayu lagi yang biasa digunakan khususnya untuk gitar elektrik, seperti kayu alder, poplar, ash, dan basswood. Ada banyak kayu lagi yang sering digunakan para pengrajin tradisional menggunakan kayu kayu lokal seperti kayu sonokeling, kayu pinus, kayu nangka dll. Tapi jenis kayu di atas rasa-rasanya sudah mencakup kebutuhan kayu terutama untuk gitar akustik, yah walaupun belum sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar