Rabu, 18 Februari 2009

komponen gitar elektrik,body gitar dan tuning (nyetel /nyetem) gitar

KOMPONEN GITAR

Pada bagian ini akan dibahas mengenai komponen dari gitar elektrik. Pada prinsipnya, gitar elektrik terdiri dari 3 komponen utama:

Bahan baku, finishing, serta teknik assembly dari ketiga komponen tersebut menentukan karakteristik sebuah gitar. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing ketiga komponen tersebut:

1. Komponen Body

2. Komponen Neck

3. Komponen Headstock

Tuning Gitar

Untuk menghasilkan sound gitar yang baik dan tidak fals, maka sebelum dimainkan gitar sebaiknya di tuning terlebih dahulu. Tuning adalah menyamakan nada tiap senar gitar dengan suatu alatyangmemiliki nada standar misalnya:pitch pipe, garpu tala, atau alat yang di desain khusus untuk gitar yang dinamakan elektronik tuner. Nada gitar standar adalah 440 Hz

Cara menggunakanalat tuning gitar

1.Pitch Pipe

Pitch Pipe di disain sama seperti sebuah instrumen alat tiup. Ketika kita menyetel gitar (tuning), tiup pipa yang bertuliskan nada E kemudian samakan dengan senar ke-6 pada gitar, ulangi langkah ini untuk beberapa nada yang lain.

2.Garpu Tala

Garpu Tala merupakan alat yang paling akurat dalam mentuning nada, karena sebuah piano pun untuk menyetel nadanya menggunakan alat ini. Untuk mentuning gitar elektrik dengan alat ini pertama getarkan garpu tala kemudian letakkan bagian bandul yang terletak di ujung garpu tala pada sebuah titik pick up guitar. Selanjutnya akan terdengar bunyi dengan nada ‘A’ lalu samakan senar ke-5 dengan nada yang dihasilkan oleh alat tadi. Perlu diingat ketika melakukan hal ini gitar dalam keadaan tersambung pada sebuah amplifier yang menyala. Untuk gitar akustik langkah awal sama dengan diatas hanya bandul pada ujung garpu tala di tempelkan pada bagian badan gitar akustik.

3.Elektrik Tuner

Ada banyak macam elektronik tuner di pasaran salah satu yang paling terkenal adalah buatan Boss (Roland). Semua jenis elektronik tuner tersebut dioperasikan dengan sebuah batere. Ingat selalu periksa level output batere sebelum melakukan tuning, jika batere dalam keadaan habis nada yang dihasilkan tidak akan akurat.

Cara pengoperasiannya adalah sambungkan jack gitar pada input elektronik tuner kemudian tekan tombol untuk memilih sebuah nada misalnya nada E senar pertama. Ingat volume gitar harus full, pastikan ketika dipetik jarum penunjuk berada pada titik 440 Hz atau tepat ditengah-tengah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar